Kamis, 12 Mei 2011

mekanisme pembelaan ego

Nama : MUHAMMAD IKBAL
NIM : 090414-201020
TUGAS : Keperawatan jiwa
Topik : Mekanisme Pembelaan Ego
Mekanisme pembelaan Ego :
1. Fantasi : memuaskan keinginan yang terhalang,dengan prestasi khayalan.
2. Penyangkalan : melindungi diri sendiri terhadap kenyataan yang tidak menyenangkan dengan menolak menghadapi hal itu,sering dengan cara melarikan diri seperti menjadi sakit atau kesibukan yang lain-lain.
3. Rasionalisasi : berusaha membuktikan bahwa prilakunya itu masuk akal dan dapat dibenarkan sehingga di setujui oleh diri sendiri dan masyarakat.
4. Identifikasi : menambah rasa harga diri,dengan menyamakan dirinya dapaengan orang atau instituti yang mempunyai reputasi.
5. Introyeksi : meyatukan nilai dan norma luar denganstruktur egonya sehingga individu tidak tergantung pada belas kasihan dari luar yang dirsakan sebagai ancaman.
6. Represi : mendorong pikiran yang menyakitkan atau berbahaya masuk ke alam sadar.
7. Regresi : mundur ke tingkat perkembanagan yangbrlum matang,dengan responsyang kurang matang dan biasany juga dengan aspirasi yang kurang.
8. Proyeksi : menyalahkan orng lain dengan kesukarannya ataukeinginannya yang tidak baik.
9. Penyusunan reaksi : mencegah keinginan yang berbahaya bila diekpresikan,dengan melebihkan sikap dan prilaku yang berlawanan dan menggunakannyasebagai rintangan.
10. Sublimasi : mencari penmuasaan atau menghilangkan keinginan sexualdalamkegitan non sexual.
11. Kompensasi: menutupi kelemahan dengan menonjolkan sikap yang diinginkan atau pemuasaan secara berlebihan dalam satu bidang karena mengalami frustasi dalam bidang lain.
12. Salah-pindah : melepaskan perasaanyang terkekang,,biasanya permusuhan,pada yang tidak begitu berbahay .
13. Pelepasan : menebus dan dengan demikian meniadakan keinginan atau tindakan yang tidak bermoral.
14. Penyekatan emosional : mengurangi keterlibatan ego dan menarik diri menjadi pasif untuk melindungi diri sendiri dari rasa sakit.
15. Isolasi (inteketualisasi) : memutuskan pelepasan efektif karena keadaan menyakitkanatau memisahkan sikap-sikapyang bertentangan dengan tembokyang tahanlogika.
16. Simpatisme : berusaha memperoleh simpati dariorang laindan demikian menyokong rasa harga diri ,meskipun gagal dalam suatu usaha.
17. Pemeranan :mengurangi kecemasan yangdi babngkitkanleh keinginan yang terlarangdengan membiarkan ekpresinya.

DAFTAR PUSTAKA
Maramis ,Willy F (2009), Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa ,Jakarta : EGC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar